Jumat, 27 November 2015

CONTOH PENDAHULUAN LAPORAN KP DI PT GUNUNG MADU PLANTATION



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.         Latar Belakang
Di indonesia ini terdapat berbagai macam perusahaan yang bergerak dibidang industri. Salah satunya adalah industri yang bergerak dibidang perkebunan tebu yang mengolah bahan baku (tebu) yaitu PT. Gunung Madu Plantation, perusahaan ini termasuk produsen yang cukup besar dalam memenuhi kebutuhan gula di indonesia. Perusahaaan ini berkembang seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan jumlah konsumen yang semakin besar akan kebutuhan gula di Indonesia. Sehingga untuk untuk memperoleh hasil produksi gula yang baik dan berkualitas tinggi maka PT. Gunung Madu Plantation membentuk beberapa macam departemen untuk membantu kelancaran produksi gula.

1.2.          Tujuan Praktek Kerja Industri
Adapun tujuan dan manfaat yang hendak dicapai dari pelaksanaan Kerja Praktek Industri di PT. Gunung Madu Plantation ini sebagai berikut :
1.      Untuk melengkapi program studi pembelajaran dari kampus Politeknik Lembaga Pendidikan Perkebunan
2.      Menambah wawasan dan pengetahuan akan komponen-komponen dan fungsi pada mesin produksi, khususnya pada proses industri gula
3.      Mengetahui bagaimana cara pengolahan tebu mulai dari bahan baku hingga menjadi bahan jadi.
4.      Memahami sistim penggerak mula ( prime mover )di milling station dari steam turbine, 1st /2nd  Red. GearBox hingga Final Gear




1.3.         Waktu dan Tempat Kerja Praktek
Praktek kerja industri ini dilaksanakan di PT. Gunung Madu Plantations, KM 90 Gunung Batin Baru, Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Mulai dari tanggal 2 Juli – 31 Juli 2012. Dimulai dari pukul 07:30 s/d 16:00.

1.4.         Metodologi Penyusunan Laporan PKL
Laporan ini disusun dengan metode brain storming dari 4 orang mahasiswa yang melakukan Praktek Kerja Lapangan di pabrik gula PT. Gunung Madu Plantations, cara yang digunakan adalah dengan cara mengumpulkan data secara terperinci, lengkap dan jelas pada saat Praktek Kerja di lapangan sesuai dengan jadwal praktek yang telah diberikan oleh perusahaan dan di tambah dari buku-buku referensi data yang dipinjamkan oleh perusahaan.
Laporan ini disusun secara terbagi untuk dikerjakan dan didiskusikan secara bersama-sama, agar lebih mudah dipahami dan dimengerti secara terperinci untuk proses pengolahan tebu dari areal perkebunan hingga proses pengolahan tebu di pabrik gula secara keseluruhan.

1.5.         Batasan Masalah
Pada laporan ini penulis tidak mencantumkan masalah karena penulis hanya membahas tentang proses produksi gula yang ada di PT. Gunung Madu Plantations.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar